Dari 'Aisyah r.a., dia berkata Rasulullah saw. pernah bersabda: "Barangsiapa yang mengadakan sesuatu (amalan) dalam urusan (agama) kami yang bukan dari kami, maka (amalan) itu tertolak." (HR Bukhari, 4591)

Friday, March 30, 2012

Takut kepada Allah SWT

Sumber                        :           Makalah Pengajian Rutin Ahad Pagi / 06 Maret 2011
                                                Ust. H. Arif Rahman, LC, M.Ag
                                                Masjid PP. Persatuan Islam Viaduct Bandung

A. Keutamaan Takut kepada Allah SWT dan Menangis Karenanya

Dan bagi orang yang takut saat menghadap Tuhannya ada dua surga. (QS. Ar-Rahman: 46)

Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya). (QS. An-Naazi’at: 41)

Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak tampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar. (QS. Al-Mulk: 12)

Tidak ada sesuatu apa pun yang paling dicintai oleh Allah selain dua tetesan dan dua bekas: Tetesan air mata karena takut kepada Allah dan tetesan darah yang keluar saat berperang di jalan Allah.  Dua bekas itu adalah bekas jihad di jalan Allah dan bekas melaksanakan salah satu perintah yang diwajibkan Allah. (HR. At-Tirmidzi)

Seorang sangat khawatir akan dirinya ketika Sakrotul Maut, dia berwasiat kepada dua anaknya, dia mengatakan: Apabila aku mati bakarlah jasadku, kemudian haluskanlah dan taburkanlah di laut, Apabila Allah berkehendak atasku, tentu Tuhanku akan mengazabku dengan adzab yang belum pernah diberikan kepada orang lain.  Lalu anak-anaknya melakukan hal itu.  Kemudian Allah berkata kepada Bumi: Satukanlah apa yang ada pada kamu! Maka ketika dia dibangkitkan, Allah menanyakannya: Apa yang menyebabkan engkau telah melakukan itu?  Dia menjawab: Ketakutanku kepada (siksa) Mu wahai Tuhanku atau Ketakutanku kepadaMu.  Maka Allah mengampuninya.  (HR. Muslim)

B. Beberapa Keutamaan Orang yang Takut kepada Allah SWT

1. Memudahkan untuk ikhlas dalam Ibadah
Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih.  Sesungguhnya kami takut akan (azab) Tuhan kami pada suatu hari yang (di hari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan.  (QS. Al-Insaan: 9-10)

2. Fokus Beribadah
Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.  (QS. As-Sajdah: 16)

3. Do’anya Dikabulkan
Dan berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan).  Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.  (QS. Al-A’raf: 56)

4. Menjauhkan dari Maksiat
Katakanlah: “Sesungguhnya aku takut akan azab hari yang besar (hari kiamat), jika aku mendurhakai Tuhanku.  Barangsiapa yang dijauhkan azab daripadanya pada hari itu, maka sungguh Allah telah memberikan rahmat kepadanya.  Dan itulah keberuntungan yang nyata.  (QS. Al-An’aam: 15-16)

C. Diantara Ciri-Ciri Orang yang Takut kepada Allah SWT
1. Menjaga lisannya dari ucapan jelek
2. Selalu membersihkan dan menyucikan hatinya dari dosa
3. Menggunakan penglihatannya terhadap sesuatu yang baik
4. Perutnya hanya diisi dengan yang halal
5. Tangannya dipakai di jalan Allah
6. Kakinya dipakai berjalan ke tempat-tempat yang diridhoi Allah

D. Beberapa Tingkatan Rasa Takut Manusia kepada Allah
1. Ketakutan akan menghadapi kematian
2. Ketakutan akan ditambahkan kenikmatannya sehingga menyebabkan ia tidak istiqomah
3. Ketakutan mengalami Su-ul Khatimah                              

No comments:

Post a Comment