Dari 'Aisyah r.a., dia berkata Rasulullah saw. pernah bersabda: "Barangsiapa yang mengadakan sesuatu (amalan) dalam urusan (agama) kami yang bukan dari kami, maka (amalan) itu tertolak." (HR Bukhari, 4591)

Thursday, March 29, 2012

Rahasia di Balik Pengharaman Babi

Sumber            :           Makalah Pengajian Rutin Ahad Pagi / 02 Agustus 2009
                                    Drs. KH. Shiddiq Amien, MBA
                                    Masjid PP. Persatuan Islam Viaduct Bandung

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi yang baik dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; Karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah : 168)

“Sesungguhnya yang halal sudah jelas, dan yang haram sudah jelas, dan di antara keduanya ada yang subhat, tidak mengetahuinya kebanyakan manusia.  Barangsiapa yang menjaga diri dari yang subhat, ia telah membersihkan agama dan kehormatannya, dan barangsiapa yang masuk ke dalam subhat (dikhawatirkan) masuk ke dalam haram.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mereka menanyakan kepadamu: “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah: ”Dihalalkan bagimu yang baik-baik.” (QS. Al-Maidah : 4)

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah.” (QS. Al-Maidah : 3)

Katakanlah: “Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai atau darah yang mengalir atau daging babi – Karena sesungguhnya semua itu kotor- atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah.  Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, Maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-An’am : 145)

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah.  Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, Maka tidak ada dosa baginya.  Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.  (QS. Al-Baqarah: 173)

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta “Ini halal dan ini haram”, untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah.  Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung. (QS. An-Nahl : 116)

Dari Ibnu Umar ra berkata, bersabda Rasulullah saw : “Setiap yang memabukkan adalah Khomer dan setiap yang memabukkan itu adalah haram” (HR. Muslim)

Dari Aisyah ra, suatu kaum bertanya: “Ya Rasulullah, sesungguhnya suatu kaum datang kepada kami membawa daging, kami tidak tahu, apakah mereka membaca bismillah atasnya atau tidak?” Nabi saw menjawab : “Bacalah oleh kalian bismillah atas daging itu dan makanlah.” (HR. Bukhari)

 Dalam dunia Farmasi dan Kedokteran, organ babi banyak dipakai antara lain sebagai berikut:
1. Lemak
- Lemak dan gliserin: softdrink, bahan kosmetik(facial, hand and body lotion), sabun
- Lard (lemak babi): pengempuk dan pelezat re-roti-an & coklat.
- Minyak: penyedap masakan
- Bahan starter vetsin

2. Bulu
            Bulu berguna sebagai bahan kuas (bristle), seperti kuas roti, kuas cat tembok dan kuas lukis.  Biro Pusat Statistik pada tahun 2002 melaporkan bahwa pada periode Januari hingga Juni 2001, Indonesia mengimpor boar bristle dan pig/boar hair sejumlah 282,983 ton (senilai 1.713.309 US $).

3. Daging
            Daging babi merupakan sumber protein hewani yang murah.  Harganya jelas lebih murah dari daging sapi dan mudah diperoleh di pasaran.  Sifat dagingnya sendiri selain empuk, seratnya halus, rasanya konon lezat.  Penggunaannya bisa sebagai campuran bakso, siomay, bakmi goreng dan sebagainya.

4. Tulang
- Industri Pariwisata: patung, ukiran, souvenir dll.
- Industri makanan/minuman: arang tulang sebagai filter penyaring air mineral, karena pori-pori tulangnya bagus.
- Industri obat: gelatin dari tulang sebagai bahan soft capsule
- Industri pertukangan: bahan lem dan sebagainya.

5. Organ Dalam
Beberapa organ dalam yang terpakai dan fungsinya:
- Transplantasi organ: ginjal, hati dan jantung.
- Plasenta: kosmetika, sabun dan sebagainya
- Enzim pencernaan/lambung: secara komersial dipakai untuk produksi bahan membantu pencernaan (digestive aids) dan antacid.

6. Kulit
            Dalam bentuk gelatin dipakai industri pembuatan kapsul.  Kolagennya yang merupakan bagian dari kuliat dipakai untuk menstimulasi pembekuan darah selama operasi.  Berguna juga dalam industri kulit seperti tas, sepatu, dompet dan lainnya.

7. Kotoran
           Kotoran babi berguna sebagai pupuk tanaman.  Di Jepang, kotoran itu digunakan sebagai pupuk tanaman apel, karena dapat menciptakan warna merah pada kulit apel yang oke.

Bahaya Babi
            Babi diharamkan, meski di atas dipaparkan tentang kegunaanya yang cukup banyak, ternyata madhorot dari babi jauh lebih banyak.  Banyak ilmuwan yang telah meneliti dan membuktikan tentang hal ini.  Berikut ini beberapa kejelekan babi:

1. Babi adalah konteiner penyakit.  Beberapa bibit penyakit yang dibawa oleh babi:
- Cacing pita (Taenia solium)
- Cacing spiral (Trichinella spinalis)
- Cacing tambang (Ancylostoma duodenale)
- Cacing paru-paru (Paragonimus)
- Fasciolepsis busei
- Schistosoma japonicum
- Bakteri TBC (Tuberculosis)
- Virus cacar (small pox)
- Virus kudis (Scabies)
- Kumparan kuman-kuman (Ruciformas N.)
- Kolera (Salmonella choleraesuis)
- Balantidium coli
- Brucellosis dan Toxoplasma gondii

2. Daging babi memang empuk dan terkenal lezat, tapi sulit dicerna, disebabkan daging babi mengandung banyak lemak.  Karena sulit dicerna, maka nutrein (zat gizi) tidak dapat dimanfaatkan tubuh.

3. Prof. A.V. Nalbandov (Penulis buku: Adaptive Physiology on Mammals and Birds) menyebutkan bahwa kantung urine (Vesica urinia) babi sering bocor, sehingga urine babi merembes ke dalam daging.  Akibatnya, daging tercemar kotoran yang mestinya dibuang bersama urine.  Sehingga dagingnya sering bau pesing.

4. Lemak punggung babi tebal dan mudah rusak oleh proses ransiditas oksidatif (tengik) sehingga tidak layak dikonsumsi manusia.

5. Babi merupakan carrier virus flu burung (avian influenza).  Di dalam tubuh babi, virus A1 (H1N1 atau H2N1, tidak ganas, tidak menular ke manusia) bermutasi menjadi H5N1 (ganas, mematikan dan menular ke manusia).

6. Prof. Abdul Basith Muhammad menuturkan bahwa berbagai penyakit yang ditularkan oleh babi adalah:
- Pengerasan urat nadi
- Naiknya tekanan darah
- Nyeri dada yang mencekam (Angina pectoris)
- Radang (nyeri) pada sendi-sendi tubuh

7. Dr. Murad Hoffman (Doktor ahli dan penulis di Jerman) menuliskan:
Memakan babi yang terjangkiti cacing babi tidak hanya berbahaya, tapi juga menyebabkan peningkatan kolestrol tubuh dan memperlambat proses penguraian protein dalam tubuh.  Menyebabkan penyakit kanker usus, iritasi kulit, eksim dan rheumatik.  Virus-virus influenza yang berbahaya hidup dan berkembang karena medium babi.

8. Penelitian ilmiah di Cina dan Swedia menyebutkan bahwa daging babi merupakan penyebab utama kanker anus dan kolon.

9. Dr. Muhammad Abdul Khair (penulis buku: Ijtihaad fi at Tafsir Al Qur’an Al Karim) menuliskan bahwa daging babi mengandung benih-benih cacing pita dan Trachenea lolipia.  Cacing tersebut berpindah kepada manusia yang mengkonsumsi daging babi.
Penyakit lain yang ditularkan:
Kholera babi (penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus)
Keguguran nanah (disebabkan bakteri prosilia babi)
Kulit kemerahan yang ganas dan menahun (bersifat mematikan)
Penyakit pengelupasan kulit
Benalu askaris, berbahaya bagi manusia

10. DNA babi mirip dengan DNA manusia, sehingga sifat buruk babi dapat menular ke manusia.  Beberapa sifat jelek babi:
- Binatang paling rakus, kotor dan jorok di kelasnya.  Kerakusannya tak tertandingi hewan lain.  Suka memakan bangkai, suka memakan kotorannya sendiri, termasuk kotoran manusia pun di makannya.  Sangat suka berada di tempat basah dan kotor.  Kadang ia mengencingi makanannya terlebih dahulu sebelum dimakan.  Untuk memuaskan sifat rakusnya, jika tidak ada lagi yang bisa dimakan, maka babi akan memuntahkan isi perutnya, kemudian dimakan lagi.

- Babi adalah binatang pemalas, tidak agresif, tidak suka mencari pakan, suka dengan sejenis dan tidak pecemburu, tidak tahan sinar matahari, tidak punya hasrat membela diri dan lain lain.

- Ust. Muhammad Umar Abduh (Perancis) menyebutkan bahwa babi menularkan sifat suka berzina.  Kita lihat, bahwa hampir semua binatang jantan memperebutkan untuk mengawini betina saat musim kawin dengan bertarung.  Siapa yang menang maka yang akan mengawini.  Namun babi lain, babi tidak bertarung melainkan bergiliran untuk mengawini sang betina.

Dari Jabir bin Abdullah ra bahwa ia mendengar Rasulullah saw bersabda, beliau sedang berada di Mekkah tahun futuh Mekkah: Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya telah mengharamkan jual beli khomer, bangkai, babi dan patung.  Lalu ditanyakan: Ya Rasulullah bagaimana pendapatmu tentang lemak bangkai, yang digunakan untuk mengecat perahu, mewangikan kulit dan bahan penerangan.  Beliau menjawab: Tidak, itu Haram!  Lantas beliau bersabda waktu itu: Allah telah membinasakan kaum Yahudi, ketika Allah mengharamkan kepada mereka lemaknya, mereka mengolahnya lantas mendagangkannya, dan mereka memakan hasil jualannya. (HR. Bukhari dan Muslim)

No comments:

Post a Comment